Ozie sapaan Siti, mengetahui kalau viral di Twitter dari sang suami saat sedang mengurus rumah. Namun, itu hanya dianggap angin lalu olehnya. Tak selang berapa lama memenya dengan penggalan dialog "Dadi wong ki mbok yo sing solutip" menyebar secara masif di Instagram.

"Aku enggak tahu kalau viral di Twitter. Ya dikasih tahu suami saat asah-asah (cuci piring), urus rumah, dan saya hanya bilang 'malah ngopo' (malah ngapain). Kaget saat muncul meme di-IG dan banyak sekali yang DM (direct message)," katanya, saat ditemui Kompas.com di Galeri Lorong, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Kamis (20/8/2020).

Ozie sempat takut menjadi viral selama dua hari di Twitter. Di benaknya menjadi viral adalah seseorang yang bermasalah sehingga banyak warga net yang menghujat.

"Deg-degan banget. Aku takut sebenarnya kalau jadi sorotan. Salah apa sampai jadi segini antusiasnya, tak terbayang selama ini," ujarnya heran.

Wanita berusia 31 tahun ini mengungkapkan, dialog yang dijadikan meme sebenarnya tidak ada pada naskah film Tilik.

Kalimat tersebut murni hasil improvisasinya. "Yang sering dijadikan meme itu sebenarnya adalah ceklopanku (asal ngomong), itu tidak ada di naskah," ungkapnya

Hal ini bermula saat ada beberapa penggalan dialog dari film " Tilik" ini mendadak viral dan kini meme dirinya tersebar di media sosial.

Satu diantara adalah "Dadi wong ki mbok yo sing solutip (jadi orang itu yang solutif)".

Dialog tersebut diucapkan oleh Bu Tejo, pemeran utama dalam film Tilik yang memiliki karakter ceplas-ceplos. Siti Fauziah, pemeran Bu Tejo tak mengira akan seviral ini.

Siti Fauziah Atau Ozie mengatakan film berdurasi sekitar 32 menit itu membutuhkan waktu syuting selama empat hari.

Ozie menilai meski pengambilan gambar terbilang singkat, namun ia menganggap prosesnya cukup menantang dan berat.

Pasalnya, hampir seluruh adegan dalam film itu berlangsung di atas truk yang tengah berjalan.

Para pemain harus berdiri lama di atas truk sembari memainkan peran.

Lebih-lebih truk berjalan dari Dlingo Bantul hingga Gamping, Sleman dengan jalur berkelok-kelok.


Wanita 31 tahun itu mengatakan, beberapa dialog 


Antara lain dialog, "Dadi wong ki mbok yo sing solutip (jadi orang itu yang solutif)"


"Yang sering dijadikan meme itu sebenarnya adalah ceklopanku (asal ngomong) itu tidak ada di naskah," kata dia.

Selain kalimat tersebut, ada beberapa dialog yang merupakan hasil improvisasi dan berhasil membuat penonton kesal dan tergelitik.

Seperti saat truk yang ditumpangi rombongan pada film Tilik diberhentikan oleh polisi.

"Tak andakke dulurku piye he. Podo-podo polisi bintange jejer-jejer limo, (Saya adukan saudara saya bagaimana. Sama-sama polisi bintangnya berjejer lima). Itu juga clekopanku," ungkap dia.