Iklan

Cek Fakta: Israel Berada di Belakang Prabowo?

 

Prabowo - Gibran

Tanggal Rilis : Jum'at, 19 Januari 2024


Tanggal Informasi Beredar : Selasa, 16 Januari 2024


Beredar dimasyarakat sebuah unggahan media Tiktok yang menarasikan bahwa Israel mendukung atau berada di belakang Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024. Narasi didasarkan pada artikel The Jerusalem Post berjudul “How agriculture led Indonesia’s defense minister to talk normalization with Israel”. 


CEK FAKTA :

Dilansir dari Tempo.co, video yang beredar merupakan wawancara Prabowo Subianto terkait boikot produk berlisensi Israel oleh Kompas TV pada (4/11/2023). Video tersebut dianggap bukti bahwa Prabowo didukung Israel dalam Pemilu 2024 karena tidak secara tegas menyatakan turut memboikot produk berlisensi Israel. Berita Kompas TV dan artikel The Jerusalem Post yang menjadi sumber narasi yang beredar tidak menyatakan Israel mendukung Prabowo dalam Pilpres 2024. Dilansir dari Kumparan.com (21/12/2021) juru bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, telah membantah tudingan-tudingan dalam narasi yang beredar, salah satunya terkait pertemuan Prabowo dan diplomat Israel di Bahrain. 


KESIMPULAN : 

Klaim terhadap pemberitaan bahwa video yang beredar yang disertai narasi bahwa Israel berada di belakang atau mendukung Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024, merupakan klaim yang belum ada bukti. Video dan artikel yang dijadikan bahan untuk membuat narasi tersebut tidak ada yang menyatakan bahwa Prabowo didukung Israel sebagai capres dalam Pilpres 2024.


Informasi ini termasuk kedalam kategori False Connection


Rujukan :

https://bit.ly/48TOFs3 

https://bit.ly/3HiM2US 


Pemeriksa :

Fakta : Asy Syifa Ramadhani Imam

Instagram : @asyifarmdhni

Belum ada Komentar untuk "Cek Fakta: Israel Berada di Belakang Prabowo?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

banner